Slimmer isn't dream anymore

Slimmer isn't dream anymore
I will be just like in the mirror

Mau Sukses Diet ?

Hasil mengikuti ketika ada usaha!
Jadi selalu mungkin untuk menjadi langsing atau menurunkan berat badan bagi siapa saja yang SERIUS, KOMITMEN, DISIPLIN dan SABAR!
Saya saja BISA, Anda juga pasti BISA!

Tuesday, June 15, 2010

Sumber DIET SEHAT = DIET CERDAS pake' OTAK




Diet sehat adalah diet sesuai dengan kebutuhan tubuh tanpa membuat tubuh menderita atau dengan kadar gizi yang tetap tercukupi. Diet sehat bukan makan sedikit, bukan melewatkan waktu makan apalagi sampai tidak makan sama sekali. Diet Sehat adalah DIET CERDAS! Diet yang menggunakan otak, pengetahuan dan wawasan, bukan diet asal-asalan apalagi sampai menyiksa diri. Nggak mau kan sudah capek-capek berolah raga tapi salah mengelola pola makan atau kebalikannya yaitu sudah atur pola makan tapi tidak mengerti bagaimana olah raganya, tapi timbangan tak kunjung bergeser ke kiri, atau malah bergerser ke kanan. Maka dari itu DIET CERDAS diperlukan guna merealisasikan mimpi untuk langsing menjadi nyata.

Maksudnya begini lho, walau-pun kita bukan ahli diet, apalagi ahli per-gizi-an. Tapi kita harus mengetahui bagaimana teknik hidup sehat dan penurunan berat badan minimal secara umum, supaya tahu kisi-kisi apa yang harus saya jalani, dan supaya tidak salah jalan. Seperti bagaimana jenis olah raga yang sesuai kondisi tubuh kita, jenis makanan seperti apa yang baik di konsumsi tubuh kita, kapan “boleh” makan agak bebas, dan lain sebagainya, karena diet juga ada “ILMU-nya”, bukan asal-asalan jika hasilnya tidak mau asal-asalan. Sekali lagi kalau mau sukses diet sehat ya harus menggunakan metode DIET CERDAS. Diet dengan WAWASAN.

Banyak cara menambah wawasan seputar diet. Berdasarkan pengalaman saya beberapa langkah berikut yang saya tempuh :

1. Membaca :
Benar lho peribahasa “BUKU adalah GUDANG ILMU”, karena melalui buku-buku berbagai informasi otentik bisa kita dapatkan. Jadi saya senang menambah informasi kisi-kisi diet melalui aneka buku diet. Saya juga rutin berlangganan majalah kesehatan seperti majalah FIT, FITNESS dan majalah kesehatan lainnya guna menambah wawasan seputar kesehatan dan dieT. Selain dapat mengetahui ilmu-ilmu diet dan kesehatan juga dapat menambah semangat melalui testimoni para diesters yang sukses hidup sehat dan menurunkan berat badannya. Pengaruh sekali lho testimoni orang-orang sukses diet tersebut, dapat MEMECUT kita secara tidak langsung untuk juga bisa sukses seperti mereka. Mereka bisa kok saya tidak bisa? HARUS BISA! Percaya diri sekali? HARUS ITU!


2. Internet
Tidak cuma melalui buku dan majalah, dengan semakin canggihnya zaman, kita bisa mengunduh laman-laman secara online dan gratis (duh bahasa saya teratur sekali) seputar dunia kesehatan dan diet. Bingung website apa yang membahas diet? Cukup tanya Om GOOGLE saja alias masuk ke laman www.google.com,kemudian ketik kata-kata identik dengan penurunan berat badan seperti “Diet”, “Healthy diet”, dan sebagainya, hanya sekali klik berjuta informasi bisa kita dapatkan. Atau kita ingin mengetahui jenis makanan tertentu yang baik bagi kesehatan dan mendukung program diet kita bisa dengan mudah kita temui melalui internet, termasuk kandungan nutrisinya.
Untuk website lokal, salah satunya bisa klik di www.detikheatlh.com atau untuk laman luar negeri website-nya acara REALITY SHOW penurunan berat badan BIGGEST LOSER, www.biggestloser.com.

3. DOKTER atau AHLI GIZI :
Tidak ada salahnya jika memulai diet berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu, apalagi bagi Anda yang memiliki jenis penyakit tertentu seperti maag kronis, diabetes, dan sebagainya. Bukan apa-apa, perlakuan diet bagi orang normal dalam arti yang tak membawa jenis penyakit tertentu pastinya berbeda dengan orang yang sudah membawa jenis penyakit tertentu seperti diatas. Melakukan pemeriksaan kondisi tubuh menyeluruh juga lebih baik, sehingga kita bisa memiliki patokan kondisi tubuh kita sebelum diet sebagai mencakup berat badan, kadar lemak, kondisi kesehatan tubuh terhadap usia, kadar kolesterol dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa menjadi pembanding pada masa tertentu ketika kita sudah melewati masa diet beberapa saat, apakah program yang kita jalani selama ini sudah sesuai dan menuai hasil apa belum.

Dokter dan ahli gizi juga bisa membantu kita dalam rangka menyesuaikan program diet sehat seperti apa yang cocok bagi setiap individu. Biasanya dokter dan ahli gizi akan menginformasikan jenis makanan apa yang cocok bagi kondisi tubuh kita, serta membantu mengontrol dengan pemeriksaan rutin. Melalui pemeriksaan rutin ini-lah lama-lama wawasan kita tentang diet juga bisa semakin meningkat sehingga pada masa tertentu kita tidak lagi memerlukan bimbingannya.

4. TESTIMONI
Testimoni kita butuhkan untuk menambah semangat dan dukungan pada diri kita serta pembuktian secara tidak langsung bahwa sukses diet bukan hal yang mustahil. Testimoni merupakan pengalaman orang-orang yang sukses menurunkan berat badan khususnya yang melakukannya melalui program hidup sehat. Testimoni bisa didapatkan melalui berbagai media, selain melalui buku-buku dan majalah, bisa juga didapatkan melalui orang-orang yang kita kenal. Ini akan lebih enak dan mudah, jadi kita bisa leluasa berdiskusi, bertanya pada mereka yang sukses. Bagi saya PENTING untuk memiliki kenalan yang sukses, selain untuk menambah wawasan (karena dia sukses pasti karena pengalaman) bisa juga sebagai PECUTAN, sekali lagi jika mereka BISA, masa’ sih saya tidak BISA? HARUS BISA!

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menambah wawasan kita seputar diet, tapi secara umum, beberapa hal tersebut diatas cukup mewakili. Jadi…diet sukses itu adalah DIET CERDAS alias pakai otak, pakai ilmu!;-)

Jeung Ririe

1 komentar:

Diet Sehat said...

makasih kak

Post a Comment