Slimmer isn't dream anymore

Slimmer isn't dream anymore
I will be just like in the mirror

Mau Sukses Diet ?

Hasil mengikuti ketika ada usaha!
Jadi selalu mungkin untuk menjadi langsing atau menurunkan berat badan bagi siapa saja yang SERIUS, KOMITMEN, DISIPLIN dan SABAR!
Saya saja BISA, Anda juga pasti BISA!

Thursday, June 17, 2010

GLUTEN FREE-DIET




Biasanya diet identik dengan makanan kaya serat yang mengandung ‘gluten’. Namun pada beberapa kasus, terdapat jenis orang yang sensitive atau malah tidak bisa sama sekali mengkonsumsi jenis makanan/minuman mengandung gluten. Mengapa?

Pertama kita bahas gluten itu sendiri. Gluten itu apa sih? Mungkin kalau disebut gandum (Wheat, barley, Rye) akan lebih mudah dimengerti. Nah gluten adalah protein yang ditemukan dalam jenis gandum-gandum-an tersebut, jenis makanan yang kaya serat dan protein. Gluten biasa digunakan dalam berbagai jenis makanan yang diproses seperti roti, kue-kue yang dipanggang yang dapat membuat adonan mengembang lebih baik. Banyaknya gluten yang digunakan bermacam-macam tergantung jenis dan bentuk makanan/minuman yang dibuat. Roti gandum tentunya menggunakan banyak gluten disbanding roti putih biasa.

Produk dengan kadar gluten yang tinggi dapat memperlambat proses metabolisme sehingga membuat rasa kenyang lebih lama. Tidak heran sangat disarankan bagi yang ingin menurunkan berat badan sebagai makanan pengganti. Seperti roti gandum dan nasi merah.

Namun, seperti yang dibahas di paragraph awal, bagai orang-orang tertentu produk gluten justru dapat menjadi masalah, khususnya pada orang yang mengidap celiac disease. Pengidap Celiac disease memiliki respon tubuh yang peka terhadap beberapa jenis nutrien yang susah diserap oleh tubuh orang normal, khususnya sangat peka terhadap nutrien jenis gluten. Mengkonsumsi gluten bagi penderita ini dapat merusak usus kecil dalam tubuh perlahan. Bukan hanya pengidap celiac disease, banyak ahli juga menyarankan penderita AUTIS juga menghindari susu berprotein tinggi dan manakan/minuman mengandung gluten.

Ciri-ciri penderita Celiac disease antara lain mengenai masalah pencernaan seperti perut mudah merasa kembung kemudian anemia, kelelahan hingga depresi. Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap celiac disease lebih lanjut disarankan melalui tes labolatorium.

Salah satu cara menghindari gejala muncul, penderita biasanya menjalani GLUTEN FREE DIET, yaitu menghindari jenis makanan/minuman mengandung gluten seperti aneka jenis tepung-tepungan, makanan berproses seperti aneka jenis roti (khususnya roti gandum), oat-oatmeal, bahkan kentang goreng juga mengandung sedikit gluten. Memang tidak mudah, bahkan roti putih-pun mengandung gluten walau sedikit. Dan biasanya penderita sangat peka tehadap produk gluten walau-pun dengan kadar yang sedikit.



Jenis makanan yang baik untuk Gluten Free Diet adalah jenis makanan alami yang tidak atau sedikit melalui proses antara lain ikan, ayam, buah, sayur-sayuran, kacang-kacangan, polong dan semua jenis makanan yang tidak mengandung gluten. Namun harus berhati-hati, saat ini banyak dijual aneka jenis makanan berlabel “gluten free food” biasanya dalam bentuk aneka macam makanan dessert seperti kue, biscuit dsbnya, tapi justru mengandung kalori dan lemak yang tinggi, sehingga justru berbahaya bagi kesehatan tubuh kita juga, bahkan lebih berbahaya disbanding mengkonsumsi makanan gluten itu sendiri. Baca-lah labelnya terlebih dahulu, agar kesehatan dan berat badan tidak berpengaruh.


Disadur dari about.com

Salam Diet
Jeung Ririe
Your diet motivator

1 komentar:

efie muhamad said...

good info dear...

Post a Comment