Slimmer isn't dream anymore

Slimmer isn't dream anymore
I will be just like in the mirror

Mau Sukses Diet ?

Hasil mengikuti ketika ada usaha!
Jadi selalu mungkin untuk menjadi langsing atau menurunkan berat badan bagi siapa saja yang SERIUS, KOMITMEN, DISIPLIN dan SABAR!
Saya saja BISA, Anda juga pasti BISA!

Thursday, February 17, 2011

Sering makan bikin berat badan turun ?

Sebenarnya bahasan ini sudah sering sekali ditemui di artikel-artikel diet, yaitu bahwa dengan makan lebih sering justru dapat menurunkan berat badan. Tapi kadang orang suka salah kaprah menilainya. Aling-aling "boleh" makan sering, yang ada berat badan malah meningkat. Kok bisa? Terus bagaimana?

1. Salah satu cara mengontrol kalori ialah dengan makan lebih sering 5-6x makan/hari.

2. Namun dengan porsi setiap makanan terkontrol, alias moderate tidak berlebihan, dan bukan pula satu porsi di setiap jam makan. Kesalahan seringkali hanya diartikan sampai pada arti 'Sering' dan melupakan porsi. Padahal kuncinya justru di porsi makanannya. Sering bukan berarti setiap kali jam makan dengan jumlah satu porsi makan. Bingung? Gini deh, mungkin bisa dicoba dengan porsi makan siang dibagi 2, 1/2 porsinya dijadikan menu makanan di jam berikutnya. Biasanya pengurangan porsi bisa dari menu karbohidrat atau nasi pada orang Indonesia.

3. Idealnnya dengan jeda 2,5-3,5 jam tiap waktu makan. Misal makan siang 1/2 porsi jam 12 siang, kemudian sisanya bisa dimasukkan kedalam menu makan malam nanti. Jika 3 jam-an setelah makan siang tersebut lapar memanggil, isi-lah dengan makanan tertentu dengan porsi lebih kecil dari makan siang 'sekedar' mengganjal sebelum makan malam.

4. Atau tetap dengan 3x makan utama, 2x jam ngemil. Eits perhatikan juga bentuk cemilan, dan di waktu makan utam,a tetap perhatikan porsi makanannya.

5. Makan sering dengan porsi terkontrol menjaga kestabilan metabolisme bekerja secara rutin. Sistem kerja metabolisme yang 'santai' membuat rasa kenyang lebih lama, karena yang diproses di metabolisme porsinya kecil maka energi yang dibutuhkan untuk mengolahnya juga tidak besar, sehingga energi tidak banyak terkuras, tidak heran kita jadi tidak mudah mengantuk juga.

6. Kadar insulin kita juga jadi lebih stabil dan terjaga karena porsi yang sedikit-sedikit itu tadi. Sehingga energi kita jadi lebih terjaga.

7. Perut yang senantiasa terisi dan tidak terlalu kenyang membuat kita tidak terlalu lapar ketika jam makan tiba, sehingga akal kita lebih bersahabat dalam memilih jenis makanan. Jadi nggak ada tuh kalap karena kelaparan.

8. Walau makan dengan porsi sedikit, tapi lama-lama lambung akan menyesuaikan bahwa 'segitulah' porsi makan kita sehingga lambat laun tidak sanggup menampung porsi makan lebih dari itu. Trust me, proven lho di saya!

Contoh menu:
06.00 : susu skim 1 cup + telur rebus
08.30 : roti gandum + susu skim
12.00 : nasi merah 1/2 porsi + ikan bakar + sayur + buah
15.30 : 1 buah apel atau biskuit 2 pcs
19.00 : nasi merah 1/2 porsi + ayam panggang + buah
21.00 : susu skim

Percaya deh, perut akan lebih 'enak' ketimbang makan besar (banget) di setiap waktu makan. Monggo dicoba, bisa dijamin berat badan turun apalagi jika dikombinasi dengan olah raga jenis kardio secara teratur serta latihan pembentukan otot dengan bermain alat. Selamat mencoba!

Salam Diet
Jeung Ririe
You Diet Motivator

Note:
sumber : http://ezinearticles.com

0 komentar:

Post a Comment