Slimmer isn't dream anymore

Slimmer isn't dream anymore
I will be just like in the mirror

Mau Sukses Diet ?

Hasil mengikuti ketika ada usaha!
Jadi selalu mungkin untuk menjadi langsing atau menurunkan berat badan bagi siapa saja yang SERIUS, KOMITMEN, DISIPLIN dan SABAR!
Saya saja BISA, Anda juga pasti BISA!

Monday, July 5, 2010

Tips memilih jenis makanan Rendah Lemak (Low Fat)

Seringkali kita merasa sudah optimal diet dan olah raga tapi kok ya berat badan tidak juga turun. Padahal (perasaan nih) kita sudah menghindari sama yang namanya 'makanan berlemak'. Nah berikut beberapa tips diet rendah lemak (Low Fat) sesungguhnya supaya bisa membantu menurunkan berat badan.

1. Produk Kesehatan
Banyak produk "Sehat" atau "Low-Fat", bahkan "Non-Fat" tersedia di pasaran. Hati-hati dengan dengan iming-iming tersebut. Bukan berarti jauh dari si lemak terus jadi bar-bar, makanlah tetap dengan jumlah 'wajar' alias tidak berlebihan dan sering. Walau kandungan lemaknya rendah (low & non fat tetap mengandung sedikit lemak) tetap saja akan menumpuk jika dikonsumsi terus menerus.

2. HATI-HATI dengan Sayuran SEHAT tapi...
Siapa yang tidak suka GADO-GADO, SALAD, Sayur Daun Ubi GULAI nangka?
Jangan salah sangka, walau sajian utamanya sauyr tapi embel-embelnya malah dapat menghilangkan kandungan sehatnya. Dressing pada salad, bumbu kacang gado-gado serta kandungan santan pada kuah gulai memiliki kadar lemak yang sangat tinggi.
Solusinya, ketika memesan jenis sayuran tersebt minta-lah agar kuahnya dipisah, sehingga kita hanya mengkonsumsi sedikit. Untuk jenis gado-gado jika memungkinkan pesan kuah kacang tanpa garam atau sedikit garam.

3. Peduli Label Makanan
Yuk tingkatkan kecerdasan memilih jenis makan dengan belajar membaca label nutrisi makanan. Sehingga kita akan lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan. Pengalaman saya ketika melihat makanannya (Biskuit cokelat merk tertentu) begitu tergoda, kemudian saya baca labelnya, WUAKS kandungan lemaknya tinggi, biasanya saya tidak jadi membelinya, otomatis saya sudah mBoldenunda pemasukan lemak berlebihan bukan?

4. Mentega atau Margarin
Keduanya mengandung lemak yang cukup tinggi bahkan memacu penambahan berat badan. Jadi kalau terbiasa makan roti atau memasak menggunakan keduanya, mulai sekarang HAPUS dari kamus makanan kita, kecuali yang jenis kadar lemak dan garamnya nya rendah. Itu-pun juga jangan dikonsumsi setiap saat, ingat poin nomor satu diatas.

5. Snack/Cemilan
Biasanya identik dengan biskuit dan crackers, cek label nutrisinya. Saat ini sudah banyak kok dijual jenis cemilan biskuit dan cracker rendah lemak dan aman dikonsumsi untuk jumlah tertentu. Tapi buah dan sayuran atau yoghurt rendah lemak akan jauh lebih baik sebagai makanan cemilan.

6. Junk Food & produk hewani
- Sebisa mungkin hindari khususnya untuk jun Food, HENTIKAN sama sekali.
- Tetap mengkonsumsi dairy product seperti susu skim (susu rendah lemak) karena kandungan calcium,protein dan karbohidratnya merupakan nutrisi yang baik bagi tubuh.
- Daging hewani seperti ikan dan ayam masih baik dikonsumsi tapi tanpa kulitnya. Sementara untuk daging merah lebih baik dihindari sama sekali.

7. Proses Masakan
Hindari makanan di GORENG, lebih baik jenis kukus, rebus, panggang atau bakar atau yang dimasak menggunakan microwave. Kalau-pun menggunakan minyak gunakan minyak jenis olive oil atau minyak canola.

Keseluruhan tips di atas merupakan pilihan-pilihan makanan agar kita mengurangi kandungan lemak yang dapat menghambat turunnya berat badan. Nah, jika kita disiplin terhadap tips-tips di atas serta olah raga secara rutin, OTOMATIS berat badan akan turun. Selamat membuktikan!

Tip-tips tersebut disadur melalui health24.com.

Salam Diet
Jeung Ririe
your diet motivator

0 komentar:

Post a Comment